Sabtu, 14 Juli 2012

Benzoyl Peroksida


Produk anti jerawat yang beredar di pasaran pada saat ini sudah sangat banyak, dengan berbagai bentuk dan kemasan,  seperti krim, lotion ataupun gel. Namun, pilihan yang banyak diminati adalah gel, gel merupakan sistem semi padat yang terdiri dari suspensi partikel anorganik kecil atau molekul organic besar terpenetrasi oleh suatu cairan. Kelabihan produk anti jerawat dengan bentuk gel antara lain adalah mudah mengering, mudah dicuci, tidak lengket dan terasa dingin di kulit.

Obat anti jerawat lain yang sangat terkenal adalah benzoyl peroksida, benzoyl peroksida merupakan salah satu zat yang dapat mengurangi bakteri p. acne penyebab infeksi pada jerawat. Zat ini, pada umumnya digunakan untuk acne vulgaris, aman untuk anak-anak, dewasa, serta ibu yang sedang hamil.

Gel benzoyl peroksida ini juga, telah banyak beredar di pasaran, dengan menggunakan basis HPMC (Hydroxy Propyl, Methyl Celullose). Penggunaan nya dapat secara tunggal ataupun secara kombinasi dicampur dengan bahan lain, dengan  perbandingan 2,5 dan 10%.
Benzoil peroksida adalah peroksida organik pertama yang disiapkan oleh sintesis disengaja. Tulisan ini dibuat dengan memperlakukan benzoil klorida dengan peroksida barium, reaksi yang mungkin berikut ini stoikiometri :
2 C 6 H 5 C (O) Cl + BaO 2 → [C 6 H 5 C (O)] 2 O 2 + BaCl 2
Benzoil peroksida biasanya disiapkan oleh mengobati hidrogen peroksida dengan benzoil klorida .
Ikatan oksigen-oksigen dalam peroksida lemah. Jadi benzoil peroksida mudah mengalami homolysis (pemotongan simetris), membentuk radikal bebas :
[C 6 H 5 C (O)] 2 O 2 → 2 C 6 H 5 CO 
Simbol  menunjukkan bahwa produk tersebut radikal, yaitu, mengandung paling tidak satu elektron tidak berpasangan. Spesies tersebut sangat reaktif. Homolysis ini biasanya disebabkan oleh pemanasan. Para paruh peroksida benzoil adalah satu jam pada 92 ° C Pada 131 ° C, waktu paruh adalah satu menit. 
Benzoil peroksida rusak kena kulit, menghasilkan asam benzoat dan oksigen, baik yang secara signifikan beracun. Penting untuk dicatat bahwa keamanan produk dekomposisi tidak berarti bahwa substansi itu sendiri adalah aman, karena benzoyl peroxide itu tindakan sebagai agen pengoksidasi yang sangat penting. Hidrogen peroksida bisa korosif karena sifat oksidasi, tetapi terurai untuk membentuk air dan oksigen. Natrium hipoklorit (umumnya dikenal sebagai "pemutih") juga berbagi sifat ini, tetapi disproportionates untuk membentuk produk berbahaya seperti natrium klorida 

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Cyber Info © 2008. Design By: SkinCorner